Kamis, 06 April 2017

Apa Itu Penyakit TBC ? Pengertian Menurut Para Ahli

Sedang mencari informasi tentang penyakit TBC ? Kami solusinya, disini kami akan memberikan informasi lengkap tentang penyakit TBC sekaligus memberikan rekomendasi pengobatan yang telah terbukti AMPUH, AMAN & NYAMAN.

Apa Itu Penyakit TBC ? Pengertian Menurut Para Ahli

Apa Itu Penyakit TBC ? Pengertian Menurut Para Ahli
Apa itu penyakit TBC ? Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum mengenal apa sebenarnya penyakit tbc. Nah oleh karena itu pada artikel pertama ini kami akan membahas secara lengkap apa itu sebenarnya penyakit tbc yang dikutip dari pendapat beberapa ahli kesehatan.

Apa itu penyakit tbc ?

Tuberkulosis atau biasa disingkat dengan TBC adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi kompleks Mycobacterium Tuberculosis yang ditularkan melalui dahak (droplet) dari penderita TBC kepada individu lain yang rentan(Ginanjar, 2008,).

Bentuk bakteri Mycobacterium Tuberculosis ini adalah basil tuberkel yang merupakan batang ramping, kurus, dan tahan akan asam atau sering diseb ut dengan BTA (batang tahan asam). Dapat berbentuk lurus ataupun bengkok yang panjangnya sekitar 2-4 μm dan lebar 0,2 –0,5 μm yang bergabung membentuk rantai. Besar bakteri ini tergantung pada kondisi lingkungan(Ginanjar, 2010 ).

Penyakit tuberkulosis dapat menyerang pada siapa saja  tidak terkecuali pria, wanita, tua, muda,  kaya dan miskin serta dimana saja. Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi sistemis yang dapat mengenai hampir semua organ tubuh (Depkes RI, 2005).

Bakteri tuberkulosis akan menyebabkan terjadinya kerusakan permanen  pada paru yang dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, antara lain pleura effusion(pengumpulan cairan diantara  paru-paru dan dinding rongga dada) atau pneumothorax(terdapat udara diantara paru-paru dan dinding rongga dada) (Aditama, 2002).

TBC sangat berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang meninggal dan sangat mudah ditularkan  kepada siapa saja dimana 1orang pasien TBC dengan Baksil Tahan Asam (BTA) Positif bisa menularkan kepada 10–15 orang di sekitarnya setiap tahun (PPTI, 2010).

Laman www.ahlinyaobatherbal.com/apa-itu-penyakit-tbc-definisi-pengertian/ juga menjelaskan bahwa penyakit TBC adalah penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis. Mycobacterium tuberculosis (MTB) merupakan spesies bakteri patogen dalam genus Mycobacterium dan agen penyebab kebanyakan kasus tuberkulosis.

Sebagian besar komponen M.Tuberculosis adalah berupa lemak/lipid sehingga kuman mampu tahan terhadap asam serta tahan terhadap zat kimia dan faktor fisik. Mikroorganisme ini adalah bersifat aerob yakni menyukai daerah yang banyak oksigen. Oleh karena itu M. Tuberculosis senang tinggal di daerah apeks paru-paru yang kandungan oksigennya tinggi.

Itulah pengertian penyakit TBC menurut para ahli. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih :)

Source : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/540/jbptunikompp-gdl-mohamadyud-26956-2-unikom_m-i.pdf


Pengertian Penyakit TBC Menurut Para Ahli

0 komentar:

Posting Komentar

Qnc Jelly Gamat

Recent Posts